Kamis, 17 Maret 2011

Otak Manusia

Manusia adalah makhluk yang di ciptakan oleh Tuhan yang paling sempurna di banding makhluk lainnya. Manusia di berikan otak oleh Tuhan sebagai salah satu bukti bahwa manusia adalah makhluk yang paling istimewa, otak di ciptakan untuk berpikir mengetahui mana yang buruk dan mana yang baik. Otak manusia terdiri dari 20 miliyar neuron dan satu neuron itu mempunyai kapasitas sama dengan satu komputer. Bayangkan hanya dengan satu neuron saja manusia bisa menyimpan banyak sekali file seperti banyaknya file yang ada di komputer atau laptop.



Manusia biasa hanya memakai 5% dari 20 miliyar neuron yang ada di otak manusia, sedangkan orang jenius hanya berbeda 1% berarti manusia jenius hanya memakai 6% neuron yang ada di otak manusia. Luar biasa otak yang kita punya ini sudah banyak kapasitas memory otak yang kita pakai ternyata hanya 5% saja yang kita gunakan.



Memory otak kita tidak akan pernah over capacity karena masih banyak neuron yang masih empty karena kita belum memakainya. Maka dari itu orang kadang stres karena kebanyakan memikirkan sesuatu itu mungkin karena di otak mereka terjangkit virus yang mereka ciptakan sendiri (hehehehehe). Melihat isi otak yang maha dashyat ini tidak kah kita berpikir untuk selalu mengasah otak kita ini agar lebih bermanfaat. Apa bila otak kita tidah pernah kita asah ibarat pisau yang tidak di asah maka apa yang terjadi pada pisau tersebut, pisau itu akan tumpul begitu juga otak kita kalau otak kita tidak pernah kita pakai untuk berpikir tentang apapun yang terjadi otak kita akan tumpul dalam hal ini tumpul bukan di artikan tidak tajam lagi tapi malas,enggan untuk berpikir.



Ada berbagai cara untuk mengasah otak kita supaya tidak menjadi tumpul, antara lain :

Membaca

Membaca adalah satu cara untuk mengasah otak kita, karena membaca membiarkan otak kita bekerja mengeja satu huruf dengan satu huruf lain yang akan menjadi kalimat. Setelah kita berhasil mengeja kalimat itu secara otomatis otak kita akan mengirimkan hasilnya ke mulut kita kemudian kita dapat mengerakkan mulut kita untuk berbicara atau mengeluarkan suara yang kita baca tadi.

Diskusi

Dengan diskusi kita mengasah otak kita untuk dapat berpikir mengolah data, mempresentasikan apa yang kita baca atau apa yang kita ketahui. Bertukar pendapat atau pikiran dengan orang lain, mengajukan pertanyaan tentang apa yang tidak kita ketahui, menjadikan kita menjadi kritis atau peka terhadap sesuatu yang sedang terjadi sekarang. Banyak hal yang dapat kita diskusikan, namun diskusi ini tidak akan berjalan apabila kita tidak membaca baik membaca buku tentang apa yang akan kita diskusikan atau membaca situasi sekarang ini yang berhubungan dengan tema yang akan kita diskusikan.

Peka terhadap apapun

Maksud dari peka ini adalah kita mau memikirkan apa yang terjadi di sekitar kita. Semisal apabila kita mau merenungkan kehidupan yang terjadi pada kita pasti kita akan berpikir, kenapa kehidupan ini ada siang-malam, ada kaya-miskin, ada baik-buruk. Itu yang di maksud peka, pasti timbul pertanyaan apabila kita merenungkan kehidupan ini, hidup ini penuh misteri dan tidak ada orang yang tahu apa yang terjadi kemudian. Tapi, manusia dapat berpikir apa yang harus di lakukan nanti, kemarin apa yang telah di perbuat, sekarang kenapa bisa seperti ini keadaannya???.





Banyak lagi cara untuk mengasah otak kita, otak adalah salah satu organ vital dalam ini. Ingat, otak adalah salah satu keistimewaan manusia yang di berikan oleh Tuhan kepada kita dengan otak kita berpikir, hewan punya otak tapi mereka tidak bisa berpikir mereka hanya beradaptasi, apa kita mau di samakan dengan hewan yang hanya di beri otak oleh Tuhan tapi tidak bisa berpikir…

Salam………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar