Senin, 07 Maret 2011

Kapitalisme....

 

 "hidup sudah susah kok di bikin susah pak-pak", itulah kata yang ter ucap di mulut para kaum lumpen dan pengemis yang terjaring razia oleh satpol pp, pedagang kaki lima yang di gusur dari lahan mereka yang mereka gunakan untuk bertahan hidup, para pemulung yang sedang memulung di pinggir jalan beradu mulut dengan petugas ketika hendak di tertibkan.

Itulah sekelumit kehidupan orang-orang pinggiran yang hampir tidak pernah di ekspos media, yang hanya menayangkan  semata berita-berita tersebut tanpa mendalami dari dalam apa masalah mereka,kenapa mereka seperti itu,dan salah siapa???. Mungkin bagi orang yang tidak pernah merasakan sulitnya hidup tidak akan tahu bagaimana penderitaan yang mereka derita selama ini, apa lagi orang-orang yang "beruntung", beruntung dalam hal ekonomi maupun nassab atau garis keturunan dari orang-orang yang terlahir dalam kehidupan yang beruntung. Bagi mereka orang-orang yang beruntung, kepahitan hidup para kaum bawah hanya sebagai wacana saja, tidak pernah ada suatu uluran tangan di mana mereka bersama-sama merangkul kaum bawah dengan tangan terbuuka supaya mereka dapat merasakan indahnya hidup dan sejenak melupakan kepahitan hidup yanng selalu menaungi mereka, kalaupun ada pasti hanya segelintir orang peduli dengan kaum bawah.
Itu semua karena kata "KAPITALISME" yang tertanam di hati para orang-orang yang beruntung itu, kapitalisme mengajarkan agar kita mencari sebanyak-banyaknya keuntungan dengan segala cara,entah dengan cara apapun bahkan sampai di gambarkan bisa memakan daging sendiri agar mereka dapat mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya. Dampak dari kapitalisme ini jelas pasti hanya di rasakan oleh orang yang berada di kalangan bawah atau strata paling bawah dalam stratifikasi sosial, di mana mereka selalu terinjak-injak hidupnya oleh para kapitalis yanng seenaknya pusar mereka mencari keuntungan pribadi.
Bersabarlah kaum bawah, kaum lumpen, para PKL, para pemulung ,hidup selalu berputar, asal kita tak menyerah dalam menhadapi derita ini, Berjuanglah trus tanpa henti keadilan milik kita semua.
Kalian semua adalah pahlawan dalam hidup ini yang tegar menghadapi hidup yang penuh dengan penindasan dan penderitaan ini,......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar